Teknologi Hijau, Solusi Ramah Lingkungan Untuk Masa Depan

 Perubahan cuaca dan ekstrem yang terjadi belakangan ini tentunya sangat memprihatinkan, hal ini terjadi karena sebagian besar ulah manusia, yang kurang peduli terhadap lingkungan yang ditinggalinya.

# Global Warming

Saat ini, efek global warming tidak dapat disangsikan lagi. Banyak sekali penyebabnya, seperti emisi gas industri dan penggunaan kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun empat.
Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? Hal tersebut dapat terjadi karena disebabkan emisi gas buang yang berupa materi Metana, Nitrooksida, Karbon Monoksida, dan lainnya, sehingga menutupi lapisan atmosfer.



# Global Warming  : Dampaknya Bagi Kehidupan

Efek dari global warming, terutama dari gas Karbon Monoksida, menyebabkan cahaya matahari tidak dapat keluar kembali melalui atmosfer setelah masuk ke dalam bumi, dan hal ini tentunya sangat berbahaya, karena menyebabkan suhu di bumi naik.
Diperkirakan saja, untuk 100 tahun ke depan, suhu bumi akan naik sebanyak 6,4 0C !
Dibuktikan pula dalam jurnal ilmiah, global warming dapat menyebabkan badai, es di kutub mencair (sehingga menyebabkan permukaan air laut naik), kekeringan berkepanjangan di suatu daerah, dan di daerah lainnya musim hujan yang berkepanjangan.
Dampaknya bagi kesehatan juga sangatlah besar. Seperti panas yang ditimbulkan dapat menyebabkab heat stroke pada manusia.
Bahkan, dengan adanya perubahan iklim dan cuaca yang sangat ekstrem ini, dapat memberi dampak pada penyebaran penyakit melalui air maupun vektor-vektor lainnya, seperti nyamuk Aedes Aegepty yang menyebabkan penyakit Demam Berdarah.

# Teknologi Hijau dari Daihatsu


Nah untuk masalah emisi gas kendaraan bermotor yang berhubungan dengan global warming, Daihatsu telah menemukan solusinya, yaitu dengan “Teknologi Hijau” yang kini dipakai dalam berbagai produksi lini kendaraanya hingga masa depan.
Penasaran apa yang digunakan dalam “Teknologi Hijau” yang dipakai PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) ? Berikut rahasianya      :


# 1. Eco – IDLE Technology



Apa itu “Eco-IDLE Technology “ ? Adalah teknologi yang dapat mematikan mesin secara otomatis ketika macet, sehingga dapat menghemat bahan bakar yang ada, walhasil pembakaran juga tidak terbuang percuma.
Eitts, bukan hanya itu, disini juga ditambah sistem “i-EGR” yang mampu melakukan pembakaran sempurna dan mengurangi pengeluaran CO2.



# 2.  Two-Cylinder Turbocharged Direct Injection



Nah apa maksud dari kalimat di atas ? Maksudnya adalah, pada mobil Daihatsu ini, memiliki komponen yang lebih sedikit, sehingga mobil menjadi ringan dan menggunakan hanya sedikit sumber daya alam.
Perlu anda ketahui, 80% material yang digunakan pada mobil adalah besi, sehingga kita perlu untuk menghemat penggunaan sumber daya alam yang terbatas tersebut.
Dan dengan “Active Ignition System”, mesin Daihatsu produk-produk “Teknologi Hijau” ini dapat mencapai tingkai efisiensi bahan bakar lebih dari 30%, namun tak usah risau, walaupun dengan cc yang kecil, performa mesin tetap terjaga berkat teknologi turbonya.

# 3. Precious Metal – Free Liquid – Feed Fuel Cell


Rahasia yang ketiga adalah “Precious Metal”, seperti yang sudah disebutkan di atas, komponen Daihatsu “Teknologi Hijau” dibuat menggunakan sumber daya alam yang sedikit sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah, dan hemat sumber daya alam.
Kemudian “Free Liquid – Feed Fuel Cell”, yaitu mesin Daihatsu terbarukan ini sama sekali tidak menghasilkan emisi gas CO2 ! Benar-benar nol !
Dan juga, Daihatsu akan membuat sumber energi baru, yaitu berupa “Hidrazin Hidrat”,  yaitu pencampuran air dengan hidrogen. Apa alasan digunakannya bahan sumber energi ini ? Alasannya adalah, “Hidrazin Hidrat” ini mampu menghasilkan daya energi yang tinggi, namun tidak menghasilkan gas CO2, yang dapat menutupi atmosfer bumi kita tercinta.
Akhir kata, saya mengajak anda semua untuk mencintai lingkungan, dengan cara menggunakan sumber daya alam sebijak mungkin, dan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan.

5 komentar:

{ Wafa } | 20 April 2013 pukul 19.30 mengatakan...

tes tes

{ Kevin Anggara } | 22 April 2013 pukul 06.02 mengatakan...

keren bro pembahasannya :))

{ Wafa } | 22 April 2013 pukul 07.31 mengatakan...

@Kevin Anggara > oke bro makasiih ^^
@arayy > makasih broo, oke siap ^^

{ Gratisan Pol } | 25 April 2013 pukul 06.42 mengatakan...

Keren Materingya
Sukses gan
Kunjungi balik Oke http://gratisan-pol.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-selamatkan-bumi-kita.html

{ Unknown } | 26 April 2013 pukul 22.23 mengatakan...

wah artikelnya keren gan :) moga menang ya haha
ditunggu kunjungan baliknya :D
ardirahman.blogdetik.com

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 Lon-tong | Sebuah Catatan Kecil All Rights Reserved

Design by fr00ty Company